Dessert atau hidangan penutup telah menjadi bagian penting dalam dunia kuliner. Di Indonesia, tren dessert kekinian terus berkembang dengan inovasi dan kreativitas yang luar biasa. Dessert kekinian tidak hanya menarik dari segi rasa, tetapi juga dari tampilan yang instagrammable, menjadikannya populer di kalangan anak muda dan penggemar kuliner. Berikut ini adalah beberapa contoh dessert kekinian yang sedang populer di Indonesia.

Boba Drink

Boba drink atau bubble tea adalah minuman yang berasal dari Taiwan dan telah menjadi tren di berbagai negara, termasuk Indonesia. Minuman ini terdiri dari teh yang dicampur dengan susu dan gula, serta bola-bola tapioka yang kenyal. Boba drink hadir dalam berbagai varian rasa, seperti milk tea, fruit tea, dan cheese tea, yang menjadikannya sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Croffle

Croffle adalah kombinasi antara croissant dan waffle. Adonan croissant yang renyah dan berlapis dimasak dalam cetakan waffle, menciptakan tekstur yang unik dan lezat. Croffle biasanya disajikan dengan berbagai topping, seperti es krim, buah segar, saus karamel, atau cokelat. Keunikan bentuk dan rasanya membuat croffle menjadi salah satu dessert kekinian yang populer.

Korean Garlic Cheese Bread

Korean garlic cheese bread adalah roti lembut yang diisi dengan krim keju dan saus bawang putih, kemudian dipanggang hingga keju meleleh dan roti menjadi renyah di luar namun tetap lembut di dalam. Dessert ini berasal dari Korea Selatan dan telah menjadi tren di Indonesia karena rasa gurih dan manis yang menggoda.

Dessert Box

Dessert box adalah kue yang disajikan dalam kotak plastik atau kaca, memudahkan untuk dinikmati kapan saja. Beberapa varian dessert box yang populer adalah tiramisu, red velvet, dan chocolate mousse. Tampilan yang menarik dengan lapisan-lapisan kue dan krim yang menggoda membuat dessert box menjadi favorit untuk hadiah atau konsumsi pribadi.

Mochi Ice Cream

Mochi ice cream adalah perpaduan antara es krim dan kue mochi yang kenyal. Es krim dengan berbagai rasa, seperti matcha, vanila, atau stroberi, dibalut dengan adonan mochi yang terbuat dari tepung ketan. Tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa es krim yang menyegarkan menjadikan mochi ice cream sebagai salah satu dessert kekinian yang digemari.

Basque Burnt Cheesecake

Basque burnt cheesecake adalah kue keju yang dipanggang dengan suhu tinggi sehingga permukaannya terbakar, namun bagian dalamnya tetap lembut dan creamy. Kue ini memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang unik, menjadikannya populer di kalangan pecinta dessert. Kue ini biasanya disajikan tanpa topping tambahan, karena rasa dan teksturnya sudah cukup memikat.

Dalgona Candy

Dalgona candy adalah permen karamel yang berasal dari Korea Selatan dan menjadi populer berkat serial TV “Squid Game”. Permen ini dibuat dari gula yang dicairkan dan baking soda, menciptakan tekstur yang renyah dan rasa manis yang khas. Selain dimakan langsung, dalgona candy juga sering digunakan sebagai topping pada minuman dan dessert lainnya.

Mille Crepes

Mille crepes adalah kue yang terdiri dari lapisan-lapisan crepes yang tipis dan lembut, dengan krim di antara setiap lapisan. Kue ini biasanya disajikan dalam berbagai rasa, seperti vanilla, matcha, atau cokelat. Tekstur yang ringan dan rasa yang tidak terlalu manis membuat mille crepes menjadi salah satu dessert kekinian yang digemari.

Dessert kekinian tidak hanya memanjakan lidah dengan rasa yang lezat, tetapi juga memanjakan mata dengan tampilan yang menarik. Inovasi dan kreativitas dalam dunia kuliner terus menghadirkan berbagai dessert baru yang menjadi tren di kalangan masyarakat. Dengan adanya berbagai pilihan dessert kekinian, para penggemar kuliner dapat menikmati berbagai variasi rasa dan tekstur yang unik.

By Laura